nikkopputra
nikkopputra

Tips Sukses dari 5 Miliarder Dunia

Sebaik apa pun rencana yang kamu susun untuk menjadi kaya hanya akan tinggal menjadi rencana bila tanpa aksi nyata. Untuk menjadi orang kaya, para miliarder mengajarkan kita semua untuk bersabar. Sebab, tidak ada satu pun di antara orang-orang terkaya dunia yang masuk dalam daftar Forbes menjadi kaya dalam semalam. Lantas, bagaimana para miliarder bisa menjadi seperti sekarang? Apakah hanya modal mujur?

Buat kamu yang punya mimpi mengejar kesuksesan ekonomi, berikut nasihat penting dari 5 miliarder dunia yang wajib kamu adaptasi dalam hidup:

Menabung

Meski banyak uang, orang kaya cenderung menabung sebagian besar uang mereka. Berdasarkan penelitian dari UC Berkeley, orang-orang terkaya di dunia yang jumlahnya hanya sekitar 1% dari populasi dunia menabung hampir 40% dari penghasilan mereka setiap bulannya.

Mark Cuban yang memiliki kekayaan senilai US$ 3 juta mengatakan, kunci menjadi kaya adalah tidak membuang uang untuk hal-hal yang bodoh. “Tabung uangmu, tabung sebanyak mungkin yang kamu bisa. Salah satu langkah penting untuk menjadi kaya adalah disiplin,” tuturnya.

Berani melawan arus

Miliarder dunia, Warren Buffett mengatakan kuncu sukses miliknya adalah konsisten dalam melakukan investasi. Lelaki yang selalu masuk dalam daftar lima orang terkaya dunia ini mengatakan, konsisten si juga dilakukan meski semua orang berpikiran sebaliknya.

Kekayaan senilai US$ 72,7 miliar pun disebutnya berasal dari keberanian melawan arus dan tren dalam investasi. “Jika ingin kaya dari saham, tutup pintu rumahmu. Kamu akan menjadi tamak bila orang lain merasa takut dan kamu akan menjadi sangat takut bila orang lain menjadi tamak,” sebutnya.

Jangan takut

Gagal identik dengan konotosi negatif. Alih-alih berpikir tentang semua kemungkinan yang bisa membuatmu gagal, lebih baik berkonsentrasi pada semua cara yang mungkin membuatmu berhasil. Bahkan jika pada akhirnya kamu gagal atau berbuat kesalahan, kegagalan tersebut akan memberikan kamu kesempatan untuk merefleksikan diri. Eli Broad, pengusaha properti yang memiliki kekayaan senilai US$ 7,1 juta mengatakan, kunci sukses bisnis properti adalah keberanian.

Ketika mengawali bisnis properti pada tahun 1950an, Broad tidak memiliki pengalaman bahkan tidak punya latar belakang pendidikan yang menunjang. “Tidak ada orang penakut yang bisa memiliki jutaan dolar. Saat saya memulai, saya berusia 22 tahun dan baru saja menikah. Terkadang ide tergila memperoleh penghasilan terbesar,” tuturnya.

Harus bisa mencium peluang

Banyak orang mengira orang-orang kaya adalah orang yang beruntung, padahal mereka adalah orang-orang yang ahli mencium peluang. Salah satu conothnya adalah mantan CEO Google, Eric Schmidt. Pria yang memiliki kekayaan hingga US$ 10 miliar ini tidak menemukan Google.

Namun, Schmidt yang melihat peluang besar pada Google menerima tawaran bekerja saat perusahaan tersebut masih kecil di tahun 2001. Kini, Schmidt yang sudah menjadi komisaris Google sudah menikmati kesuksesan dari kemampuannya melihat peluang.

Ikuti passionmu

Kebanyakan miliarder kaya setuju bahwa passion adalah hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan ekonomi. Bahkan, beberapa di antaranya menyebut passion adalah syarat paling utama. Dengan bekerja sesuai passion, setiap orang pasti akan lebih semangat dan total. Salah satu buktinya adalah Jim Koch pendiri perusahaan bir raksasa Boston Beer.

Koch yang merupakan anak peracik bir memutuskan untuk mempelajari keahlian meracik minuman segar satu ini. Seperti dikutip dari Business Insider, Koch mengatakan bahwa menjadi kaya bukan tujuan utamanya saat memutuskan berbisnis bir. “Hal yang paling sering saya ingatkan pada orang lain adalah coba untuk hanya mengejar sesuatu yang mereka suka,” sambungnya.

CC BY-NC-ND 2.0 版权声明

喜欢我的文章吗?
别忘了给点支持与赞赏,让我知道创作的路上有你陪伴。

加载中…

发布评论